Senin, 13 Mei 2013

TUGAS 4


KEBIJAKAN YANG DILAKUKAN BANK INDONESIA SAAT TERJADI INFLASI


1.    Operasi Pasar Terbuka (Open Market Operation), Operasi pasar terbuka adalah cara mengendalikan uang yang beredar dengan menjual atau membeli surat berharga pemerintah (government securities). Jika ingin menambah jumlah uang beredar, pemerintah akan membeli surat berharga pemerintah. Namun, bila ingin jumlah uang yang beredar berkurang, maka pemerintah akan menjual surat berharga pemerintah kepada masyarakat. Surat berharga pemerintah antara lain diantaranya adalah SBI atau singkatan dari Sertifikat Bank Indonesia dan SBPU atau singkatan atas Surat Berharga Pasar Uang.
2.    Fasilitas Diskonto (Discount Rate), Fasilitas diskonto adalah pengaturan jumlah duit yang beredar dengan memainkan tingkat bunga bank sentral pada bank umum. Bank umum terkadang mengalami kekurangan uang sehingga harus meminjam ke bank sentral. Untuk membuat jumlah uang bertambah, pemerintah menurunkan tingkat bunga bank sentral, serta sebaliknya menaikkan tingkat bunga demi membuat uang yang beredar berkurang.
3.  Rasio Cadangan Wajib (Reserve Requirement Ratio), Rasio cadangan wajib adalah mengatur jumlah uang yang beredar dengan memainkan jumlah dana cadangan perbankan yang harus disimpan pada pemerintah. Untuk menambah jumlah uang, pemerintah menurunkan rasio cadangan wajib. Untuk menurunkan jumlah uang beredar, pemerintah menaikkan rasio.
Sumber : http://anjarbellasgoblog.wordpress.com/2012/10/24/bagaimana-cara-kebijakan-moneter-mengatasi-inflasi/

FAKTOR UTAMA PENYEBAB TIMBULNYA PERDAGANGAN INTERNASIONAL

• Memperoleh barang yang tidak di produksi didalam negri.
Ada sebabnya mengapa suatu barang tidak di produksi didalam negeri, diantaranya
a.       tidak memiliki SDA yang diperlukan untuk produksi barang tersebut
b.      tidak memiliki teknologi dan SDM yang mumpuni untk produksi suatu jenis barang
SDA di suatu Negara memang terbatas, terutama menyangkut SDA yang tidak dapat diperbarui yang dapat dipelajari dan dikembangkan oleh manusia adalah cra pelestarian SDA tersebut dan penemuan alternative sda pengganti. Selain itu suatu negara dapat memaksimalkan kemampuan produksinya dengan car a memoelajari teknik produksi dan manajemen produksi yang lebih modern sehngga akan mempercepat pertambahan produksi nasional.
Sumber http://ardiyansarutobi.blogspot.com/2010/11/faktor-faktor-perdagangan-internasional.html


 CIRI-CIRI SUATU NEGARA YANG TELAH BERHASIL MEMBANGUN NEGARA JIKA D LIHAT DARI

a. Sumber Daya Alam Dimanfaatkan secara Optimal
b. Tingkat dan Kualitas Hidup Masyarakat Tinggi
c. Tingkat Pendidikan Relatif Tinggi
d. Tingkat Pendapatan Penduduk Relatif Tinggi
e. Tingkat pertumbuhan penduduk rendah
f. Tercukupinya Penyediaan Fasilitas Umum
g. Ekspor yang Dilakukan adalah Ekspor Hasil Industri dan Jasa
h. Dapat Mengatasi Masalah Kependudukan
Sumber : Http://dahlanforum.wodpress.com/2009/09/17/ciri-ciri-negara-maju/

KEUNTUNGAN DARI INFLASI

Terjadinya Inflasi seringkali menyebabkan berbagai dampak buruk bagi masyarakat. Namun ternyata, pada kasus tertentu Inflasi dapat menguntungkan :
1.   Bagi para pedagang, inflasi dijadikan sebagai kesempatan untuk mempermainkan harga dengan cara menaikkan harga untuk memperoleh keuntungan yang besar.
2.   Bagi para orang orang atau perusahaan yang mengadakan spekulasi, mereka akan menimbun barang sebanyak banyaknya sebelum terjadinya inflasi untuk menjualnya saat terjadinya inflasi. Kenaikan harga akan menguntungkan mereka.
3.    Bagi para peminjam, terjadinya inflasi tidak mempengaruhi jumlah pinjamannya jika peminjaman terjadi sebelum terjadinya inflasi. Meskipun saat inflasi terjadi kenaikan harga. Contohnya para pengambil KPR BTN inflasi akan mengakibatkan harga bahan bangunan menjadi naik. Namun jumlah kewajiban yg harus dibayar kpada BTN tidak ikut dinaikkan.

Sumber: http://abdulhamidbmx.blogspot.com/2012/06/inflasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar